PENELITIAN PERBEDAAN ICMP DAN ARP

Assalamuallaikum Teman-teman kembali lagi nih sama Ida post kali ini  aku mau jelasin nih perbedaan ICMP dan ARP serta simulasi HUB dan SWITCH
1. Pengertian HUB dan SWITCH

  • HUB

  Hub/pusatan Ethernet adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk  menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment). Pusatan bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model). Pusatan digunakan untuk mengalirhantarkan data dari pengguna layanan (client).
  • SWITCH
      Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.
  •  Cara kerja switch

         Switch merupakan hardware (perangkat keras) jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbedaanya switch ini lebih pintar walaupun harganya sedikit lebih mahalan ketibang HUB. Cara kerja switch yaitu dengan cara menerima paket data pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control) tujuannya dan membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan node atau perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak dapat menerima paket data yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan data atau disebut dengan collision. Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addsernya akan dicatat di MAC address table yang nantinya disimpan pada memori chache switch, itulah bagaimana switch bekerja. 
2. SIMULASI HUB DAN SWITCH

HUB1
         Kesimpulannya, Jika kita menggunakan HUB dan mengirim data secara bersamaan akan menimbulkan collision / tabrakan (Simbol Api yang ada di gambar), sehingga data yang akan dikirim tidak bisa terkirim / hangus. Karena HUB secara tidak efisien membroadcast semua trafik ke setiap port, ini menyebabkan masalah dari sisi kinerja maupun keamanan. Dari sisi Kinerja menjadi lebih lambat karena bandwidth yang tersedia harus dibagi ke semua port. Dari sisi Keamanan, semua lalu lintas terlihat oleh semua port, semua host di jaringan dapat dengan mudah memantau seluruh lalu lintas yang ada dalam jaringan.

SWITCH1
        Kesimpulannya, Berbeda dengan HUB, Walaupun mengirim secara bersamaan akan tetap berhasil, karena proses pengiriman akan dilakukan satu per satu secara bergantian. Switch membuat sambungan virtual antara pengirim dan penerima. Ini menghasilkan kinerja yang lebih baik karena banyak sambungan virtual dapat dibangun secara bersamaan. Pada gambar di atas ada beberapa PC yang mendapat surat dengan tanda silang, hal tersebut bukanlah permasalahan, tetapi bahwa data tersebut bukan ditujukan untuk PC itu, melainkan untuk PC yang sudah menjadi tujuan awalnya.
3. Perbedaan ICMP dan ARP

ARP (Address Resolution Protocol)
Pengertian 
ARP (Address Resolution Protocol) adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address).
Dalam jaringan biasanya memang telah diberi alamat IP. Namun alamat hardware (misal mac-address) tetap digunakan untuk transportasi data dari suatu host ke host yang lain. Dalam mikrotik RouterOS, sebuah router memiliki tabel ARP. Dalam tabel tersebut berisi masukan-masukan ARP. Masukan-masukan ARP tersebut terdiri dari ip address dan mac-address serta informasi interface mana yang digunakan.
Fungsi ARP pada jaringan komputer
Fungsinya ARP adalah untuk meningkatkan keamanan. Dalam mikrotik, masukan ARP bisa didapat secara dynamic. Namun untuk meningkatkan keamanan, kita dapat memasukkan ARP static secara manual. Dengan hanya membolehkan sebuah router me-reply hanya untuk masukan ARP static pada tabel ARP, maka akan membatasi akses ke router dan jaringan di belakang router, yang hanya untuk IP address atau mac address dengan kombinasi.

ICMP  (Internet Control Message Protocol)
Pengertian
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu error handling dan prosedur pengaturan (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services). Tugas dari ICMP adalah menyediakan pengendalian error (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer.
Fungsi
  • memberitahukan jika ada paket yang tidak sampau ketujuan
  • memberitahukan pengirim jika memory buffer di router penuh
  • untuk memberitahu pengirim bahwa paket telah melewati jumlah hop maksimum dan akan diabaikan
  • redirect paket dari gateway ke host
  • ping menggunakan ICMP echo untuk memeriksa hubungan
 Sekian postingan saya kali ini mengenai PERBEDAANN ICMP dan ARP. Maaf jika postingan ada yang salah atau kurang berkenan ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM CARA MENGKONFIGURASI ROUTING DINAMIS DI CISCO PAKET TREACER